Sabtu, 07 Mei 2011

Tips And Trick Lost Saga Untuk Hunting Relic

Ancient Ruins: Peta dengan Peluang Dapat Item Terbanyak dan Bernilai Tinggi dalam Mode Relic Hunting di Game Lost Saga

Berawal dari sebuah keisengan, maka terciptalah postingan ini. Dari pikiran sederhana bahwa segala sesuatu di dunia ini ada unsur peluang atau kemungkinan (probability). Ini salah satu mata kuliah yang diajarkan di Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, dalam mata kuliah statistik. Maklum gan, masih kuliah soalnya saia :)

Pasti agan2 sekalian bertanya-tanya, apa hubungannya antara statistik dengan game online Lost Saga? Kalo dilihat secara langsung memang tidak ada hubungannya, tapi secara tidak langsung ada hubungannya.

Bicara tentang kemungkinan atau peluang, yang bukan saja bisa diaplikasikan untuk dunia nyata (seperti prakiraan cuaca, prediksi pemenang pemilu, dsb) di mana biasanya orang menggunakan survey dari suatu populasi (keseluruhan data/responden) tapi hanya mengambil beberapa sampel (bahan uji) untuk dijadikan kesimpulan secara keseluruhan (umum), game Lost Saga juga bisa dijadikan suatu objek untuk diuji dari beberapa sampel yang akan mewakili seluruh populasi.

Waktu pemilu kemarin, tentu agan2 pernah dengar tentang "Quick Count". Tentu tau donk apa itu Quick Count? Ya, tepat sekali, Quick Count itu artinya hitungan yang dilakukan secara cepat. Yang jadi pertanyaan, kenapa Quick Count bisa cepat menghitung pemenang pemilu , padahal KPU belum mengumumkan pemenangnya. Dan ajaibnya setelah pemenang pemilu diumumkan oleh KPU, ternyata hasilnya tepat dengan prediksi dan perhitungan Quick Count. Ini terjadi karena sistem Quick Count hanya mengambil beberapa sampel (bahan uji) dari seluruh populasi (total sampel atau data yang ada) sebagai bahan analisisnya. Sehingga dengan mengambil beberapa bagian sampel dari total populasinya, bisa dimungkinkan perhitungan dilakukan dengan cara yang super duper cepat, tepat, dan akurat. Ya, walau tidak tepat secara 100%, karena pasti ada standar errornya. Tapi paling tidak telah mendekati angka pastinya.

Nah, untuk itu dari pemikiran "Quick Count" tersebut di atas (yang juga merupakan salah satu bagian dari ilmu statistik), maka aq tertarik untuk mengambil sampel dengan melakukan Relic Hunting selama 50 kali sebagai sampelnya. Tujuannya cuma satu, untuk mengetahui peta mana sih yang lebih memberikan peluang lebih besar ketika bermain dalam mode Relic Hunting untuk mendapatkan item....

Dari 50 kali Relic Hunting (sebagai sampelnya) yang aq lakukan pada masing-masing peta, didapatkan data sbb:

Gambar 1. Beberapa peta yang digunakan untuk relic atau pun mancing

1. Peta Pirate Caribean

Dari 50 kali relic (penggalian) yang aq lakukan di Peta ini, aq mendapatkan 5 item, yaitu sbb:
a. Cube Fragment (harga item 144 peso)
b. Lonely Heart (harga item 150 peso)
c. Mermaid Princes (harga item 480 peso)
d. Gear Epic Shield of Justice selama 3 hari
e. Gear Epic Hookis Coat selama 3 hari

Waktu yang aq butuhkan untuk melakukan 50 kali relic yaitu + 26 menit.




Gambar 2. Item-item yang ditemukan di peta Pirate Caribean




2. Peta Ancient Ruins

Dari 50 kali relic hunting (penggalian item) yang aq lakukan di peta ini, yang aq dapatkan 6 item, yaitu sbb:

a. Half-eaten Fishbone (harga item 28 peso)
b. Starbase Blue Print (harga item 1.050 peso)
c. Angelic Halo Pieces (harga item 1.050 peso)
d. Half-eaten Fishbone (harga item 210 peso)
e. Time-space Shovel (harga item 120 peso)
f. Tortoise Shell (harga item 1400 peso)

Waktu yang aq butuhkan untuk melakukan 50 kali relic yaitu + 37 menit.




Gambar 3. Item-item yang ditemukan di Peta Ancient Ruins


3. Peta Refinery

Pada peta ini, relic hunting sangat susah dilakukan, terutama ketika item yang akan kita cari tsb (ditandai dengan indikator pada alat relic kit berada pada titik 0 m) terletak di rel berjalan. Ketika mulai menggali di titik 0 m, karena rel terus berjalan, maka penggalian lepas dari titik 0 m. Oleh karenanya, penggalian yang kita lakukan sia-sia, karena titik 0 m nya bergeser akibat dari rel berjalan tsb. Akibatnya, kita tidak dapat apa2, baik item maupun batu sekalipun sehingga dengan kendala itu, maka relic hunting item di peta ini tidak aq lakukan. Cuma buang2 waktu aja malah kl terus dipaksain :(



4. Peta Wild West

Dari 50 kali relic (penggalian) yang aq lakukan di peta Wild West ini, aq mendapatkan hanya satu item, yaitu :
a. Red Velvet Book (harga item 100 peso)

Waktu yang aq butuhkan untuk melakukan 50 kali relic yaitu + 33 menit.


Gambar 4. Item yang ditemukan di Peta Wild West


Analisis:

Dari keempat peta, terlihat bahwa:

1. Peta Pirate Caribean
Peta ini merupakan peta yang efisien, dalam arti hemat dalam penggunaan waktu yaitu hanya menghabiskan + 26 menit untuk melakukan 50 kali penggalian (relic hunting). Ini bisa terjadi karena peta Pirate Caribean adalah peta yang topografi (keadaan tanahnya) datar-datar saja. Lagipula peta ini merupakan peta yang sempit (tidak begitu luas) sehingga pencarian item ke indikator titik 0 m (pada alat relic hunting kit) bisa kita tempuh dengan waktu dan jarak yang relatif cepat. Tapi sayangnya, item yang kita dapat di peta Pirate Caribean ini kurang memuaskan. Di sini aq cuma menemukan 5 barang (3 item dan 2 gear). Harga itemnya pun sangat murah sekali. Seperti yang bisa kalian bisa lihat, dari 3 item yang aq temukan harga totalnya hanya 770 peso, dengan perincian sebagain berikut:


- Cube Fragment    (harga item 144 peso)
- Lonely Heart       (harga item 150 peso)
- Mermaid Princes (harga item 480 peso) +
                               Total         774 peso

2. Peta Ancient Ruins

Peta ini memiliki topografi yang naik-turun (mirip-mirip sama peta Wild West). Peta ini mengambil tempat mirip kaya suku Aztec di Amerika sono, yang banyak terdapat patung2. Peta ini kalo boleh aq bilang  "agak ribet" dan cukup "membingungkan" untuk menentukan titik 0 m nya. Ini bisa terjadi kalo titik titik 0 m tsb berada dekat dengan patung2. Sering sekali aq salah menduga titik 0 m nya, yang aq sangka titik 0 m nya berada di atas patung, eh ternyata letaknya di bawah patung. Dan ketika aq gali di bawah, eh malah ada di tengah atau bahkan di belakang patung titik 0 m nya, yang notabenenya hero kita terlindung bangunan patung itu, sehingga kita agak susah mengontrol jalannya hero karena kita tdk melihat hero tsb karena terlindung patung. 

Tapi dari berbagai keribetan tadi, ternyata peta Ancient Ruins ini memiliki kelebihan. Dari 50 kali relic di peta ini, aq berhasil mendapat 6 barang (item), dengan harga yang relatif tinggi (mahal). Dari 6 item tsb, aq mendapatkan total sebesar 3.858 peso, dengan perincian sbb:

- Half-eaten Fishbone  (harga item 28 peso)
- Starbase Blue Print   (harga item 1.050 peso)
- Angelic Halo Pieces  (harga item 1.050 peso)
- Half-eaten Fishbone  (harga item 210 peso)
- Time-space Shovel    (harga item 120 peso)
- Tortoise Shell            (harga item 1400 peso) +
                                   Total         3.858 peso

3. Peta Refenery

Karena peta ini sangat susah untuk melakukan relic hunting, apalagi ketika titik 0 m nya berada di rel berjalan, sehingga aq tidak melakukan relic di peta ini.

4. Peta Wild West

Peta ini memiliki topografi pegunungan dan daerahnya sangat luas. Saking luasnya, sampai-sampai aq dihinggapi rasa bosan buat relic di peta ini. Terlalu jauh jaraknya yang mesti ditempuh untuk mencapai titik 0 m. Jarak terjauh yang pernah aq jalani mulai dari titik awal aq berdiri sampai ke titik 0 m  + 89 m. Coba bayangkan, berapa menit waktu terbuang buat menuju ke titik 0 m tsb dengan jarak + 89 m? Apalagi kalo titik 0 m tsb berada di atas gunung. Tapi untungnya dengan adanya roket, kita bisa mencapai ke atas gunung tsb dengan cara terbang dengan menggunakan bantuan roket tsb (tekan tombol A pada keyboard 2x untuk mengaktifkan roket supaya kita bisa terbang).

Dengan area yang sangat luas dibandingkan dengan peta-peta yang lain dan dengan tofografi pegunungannya, ternyata peta ini salah satu peta yang sangat mengecewakan buat q. Aq mengira di balik "kelemahan" peta ini yaitu mempunyai daerah yang luas dan penuh dengan gunung-gunungnya, yang notabenenya sangat menyusahkan buat relic dan juga perlu waktu ekstra untuk mencapai titik 0 m, ternyata item yang aq dapat sangat mengecewakan. Terbukti, dari 50 kali penggalian, ternyata aq hanya menemukan satu item yaitu Redvelvet Book dengan harga item sebesar 100 peso.


Kesimpulan:

  1. Kalo tujuan kalian relic hunting untuk mendapatkan peso dan item yang banyak, aq menyarankan lakukan relic hunting di peta Ancient Ruins. Seperti yang telah aq jelaskan sebelumnya, pada peta ini aq mendapatkan peso total sebesar 3.858 peso (terdiri dari 6 item yang ditemukan).
  2. Kalo tujuan kalian relic hunting untuk mendapatkan Gear, aq menyarankan kalian relic hunting di peta Pirate Caribean. Di peta ini aq mendapatkan 2 gear, yaitu gear Epic Shield of Justice 3 hari dan Gear Epic Hookis Coat 3 hari.
  3. Kalo tujuan kalian relic hunting cuma untuk menaikkan EXP relic saja (sekalian mencari item atau gear), aq merekomendasikan kalian maen di peta Pirate Carieban. Kenapa? Karena peta ini memiliki daerah yang sempit sehingga pencapaian ke titik 0 m tidak membutuhkan waktu terlalu lama, sehingga akan menyebabkan semakin banyak penggalian yang bisa kita lakukan, baik penggalian yang berhasil (nemu item/gear) maupun penggalian yang gagal (cuma nemu batu). Penggalian yang gagal atau berhasil, akan tetap dapat EXP. Ya, walaupun nilai EXPnya berbeda (kalo nemu item, EXP relic bertambah +2, dan kalo nemu batu EXP bertambah +1).
Okey, Lost Saga Lover semua, demikian postingan aq kali ini. Semoga membatu.. 

7 komentar:

  1. mnurut gw tergantung persentasi hunt relic,,
    persentase tertinggi 80 persen,,
    minimal dalam satu map ada 8 orang dan smuanya relic untuk mendapatkan persentasi relic 80 persen. gak boleh ada yg mancing karena bakal ngurangi persentasi relic,, selain itu harus kompak jangan serakah bagi2 spot biar adil biar smuanya dapat,,

    BalasHapus
  2. ya mungkin dilihat dari presentase juga berpengaruh besar ! dan 1 lagi
    faktor keberuntungan seseorang :p

    BalasHapus
  3. kk menurut saya lebih bagus relic di pirate bay
    karena saya pernah dapat item yg dijual dengan harga
    45.000 peso dan saya juga pernah mancing disitu mendapatkan hero,gear,token,
    relic disitu juga banyak dpt gear
    pernah saya dapat gear epic space tropper ASDnya
    n trakhir itu hanya tergantung HOKI kta aja...

    BalasHapus
  4. Tergantung Persentase sma Level gan..
    gua pernah bandingin char gua sama temen gua..
    char gua level relic 'a masih cupu, level 6..
    sementara level temen gua 56..
    pas gua relic ma dia, dia dapetnya besar terus sekitar 5000++ peso..
    sementara gua pas dapet cuman 200-700 peso doang..
    relicnya di tempat pirate bay.

    BalasHapus
  5. ya tinggal keberuntungan aja dong heroes(tapi bener sih kalo di piratebay tu sekali dapat bnyak tu bagus bahkan gua pernah dapat 54000 disana)

    BalasHapus
  6. kalo ane sih
    di rifenery titik 2 langsung ane gali
    itu baru bisa

    BalasHapus